Selasa, 27 Agustus 2013

Perut Susah Langsing Hanya Mitos

Memiliki perut rata merupakan impian setiap orang, baik pria maupun wanita. Tetapi, perempuan lebih sulit untuk mendapatkannya, karena pada dasarnya jaringan lemak pada tubuh perempuan memang lebih banyak daripada laki-laki. Sudah begitu, ada beberapa mitos mengenai latihan pengencangan perut yang bikin perut Anda malah tak kunjung langsing. Ini contohnya:

1. Mitos: Anda harus melakukan latihan perut setiap hari
Fakta:
 Perut membutuhkan istirahat dan pemulihan. Nah, pada waktu istirahat lah otot-otot perut Anda dalam tahapan membangun. “Latihan secara konsisten tiga sampai lima kali saja dalam seminggu akan menghasilkan perut yang kencang dan kuat,” kata Kathy Kaehler, trainer dan penulis buku Kathy Kaehler’s Celebrity Workouts.

2. Mitos: Anda harus melatihnya selama setengah jam
Fakta: “Anda salah kalau melakukannya begitu lama,” ujar Kaehler. “Saya mengajarkan Jennifer Aniston untuk melakukan latihan tiga hari selama seminggu, dan kami tidak melakukannya lebih dari lima menit setiap latihan.” Dengan demikian, Anda seharusnya fokus pada kualitas, bukan kuantitasnya.

3. Mitos: Latihan crunch dengan lambat bikin otot lebih kuat
Fakta: Mengencangkan otot perut dengan latihan crunch (seperti pada gambar) lebih lambat tidak akan membuat perut Anda kuat. Kenyataannya, latihan pengencangan otot perut yang lambat akan kurang efektif. Idealnya, latihan seharusnya membantu Anda melakukan segala sesuatu lebih baik, darikickboxing hingga mengangkat koper. Semua aktivitas ini tak akan Anda lakukan dalam gerakan lambat kan?

4. Mitos: Latih otot perut di akhir latihan
Fakta: "Tidak ada perbedaan fisiologis ketika Anda melatih otot perut, yang penting Anda melakukannya secara konsisten," papar peneliti perut dan terapis fisik, Gilbert Willett, MS, yang jugaassociate professor di University of Nebraska Medical Center.

Jadi, kapan waktu terbatik untuk melatihnya? Jawabannya, kapan saja Anda ingin melakukannya. "Tapi jika melatih perut Anda saat memulai olahraga, pastikan Anda pemanasan terlebih dahulu. Membiarkan darah mengalir akan mencegah cidera selama latihan," ujarnya lagi.

5. Mitos: Latihan Pilates tidak akan membuat perut Anda six-packs
Fakta: Pilates melatih otot-otot pusat, sehingga jika Anda melatihnya secara teratur dan mengombinasikannya dengan diet dan latihan kardio, Anda bisa mendapatkan perut kencang yang Anda idamkan, demikian menurut Kimberly Lyons, personal trainer di Los Angeles.

Akan tetapi, Pilates tidak menjamin perut Anda jadi six-packs. “Bagaimana bentuk perut Anda sangat tergantung pada gen, seberapa ramping tubuh Anda, seberapa panjang tubuh bagian atas Anda, dan seberapa tinggi badan Anda,” paparnya.
6. Mitos: Anda harus dibantu alat-alat fitnes
Fakta: 
Anda tidak membutuhkan alat olahraga untuk membentuk perut yang ramping dan seksi, meskipun beberapa atlit membutuhkan hal itu untuk membentuk otot yang bagus. 

“Kebanyakan alat olahraga pembentuk perut tidak dirancang untuk perempuan,” kata Lyons. “Jika Anda tidak merasa nyaman menggunakan alat itu, Anda bisa membuat tubuh Anda tertekan dalam posisi yang salah.” Lebih baik lakukan latihan di lantai saja. Sudah murah, efektif, dan bisa dilakukan dimana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar